Slider

5 Game mobile yang punya kompetisi e-Sport sendiri


Pernahkah anda mendengar kata e-sport? Jika anda tidak pernah mendengarnya, atau anda pernah namun tidak tahu artinya.


Mengenal Sedikit apa itu e-Sport

E-sport adalah singkatan dari Electronic Sport, yaitu kompetisi video game multipemain yang dilakukan antar pemain profesional. Dan esport bisa dibilang salah satu cabang olahraga, yang dinaungi organisasi IeSF (International e-Sport Federarion). Untuk indonesia, e-sport juga memiliki organisasi resmi bernama IeSPA (Indonesia e-Sport Association) yang telah diakui dan didukung oleh kemenpora (Kementrian Pemuda dan Olahraga), bahkan pada ajang Asian Games di Indonesia mendatang, e-Sport menjadi cabang baru yang akan dipertandingkan.

Mungkin anda bertanya mengapa bermain video game bisa disebut olahraga? Sebenarnya bermain video game dan bermain untuk kompetisi e-Sport sangatlah berbeda, terlihat dari tujuan dan kesulitannya. Saat anda bermain game, mungkin anda hanya ingin membuat pikiran anda santai dan tenang, itu berbeda dengan e-Sport, dimana para pemain memang benar-benar melakukan kompetisi secara profesional, mereka juga dibayar seperti klub-klub olahraga pada umumnya, dan kompetisi e-Sport juga menjadi ladang usaha baru paling menjanjikan, dimana pada tahun ini saja sudah mencapai angka $676 juta.

Bahkan klub-klub olahraga ternama dunia seperti Manchester City, Paris saint germain, FC Schalke, dan Valencia FC  juga membuka "cabang" di industri e-Sport melalui berbagai game seperti FIFA Online dan League Of Legends.

Untuk lebih jelasnya anda bisa mencari informasi lainnya mengenai e-Sport diberbagai portal game.

Karena kali ini kami akan membahas 5 game mobile yang punya kompetisi e-Sport sendiri.

1. Vainglory


Game besutan Super Evil Megacorp ini mengalami kenaikan jumlah pemain tiap tahunnya, hal ini membuat Vainglory satu-satunya game MOBA (Mobile Online Battle Arena) yang paling konsisten dibidang e-Sport untuk platform mobile. Bahkan pada kompetisi Vainglory International, jumlah hadiah mencapai 2.2 milliar rupiah! Tidak kalah dengan DOTA 2, dan LOL bukan?

2. Clash Royale



Setelah antusias Clash Of Clans mulai menciut dimata gamers, Supercell mulai bertindak dan akhirnya merilis game Player vs Player bernama Clash Royale. Di minggu pertama perilisannya, game ini mampu menarik ratusan ribu gamers didunia untuk memainkannya. Bahkan setelah makin melonjaknya jumlah pemain, ESL (Electronic Sport League) yang telah mengadakan berbagai kompetiai e-Sport bertaraf international pun bekerja sama dengan Supercell untuk mengadakan kompetisi e-Sport Clash Royale.

3. World Of Tank Blitz



Game ini sebenarnya adalah game PC yang dibuat untuk versi mobile. Tak kalah dengan PC, versi mobile game MOBA dengan tank sebagai "karakter" ini pun, juga menarik perhatian gamers-gamers didunia, hingga jutaan pemain yang ingin mencoba World Of Tank versi mobile ini pun melonjak. Hingga munculah kompetisi e-Sport International-nya.

4. Hearthstone : Heroes Of Warcraft


Game besutan Developer terkenal, Blizzard ini adalah seri game dari Warcraft yang memang sudah memiliki penggemar setia. Berbeda dengan game Warcraft lain, game ini tidak ada perperangan sama sekali, game ini memiliki mode trading card game atau permainan kartu yang unik berbeda dengan game kartu lainnya di platform mobile, hal itulah membuat game ini digandrungi para gamers didunia. Pada Januari 2017, kompetisi e-Sport game ini memiliki jumlah hadiah sebesar Rp. 39 Milliar.


5. Crisis Action


Kali ini giliran game FPS (First Person Shooter) atau tembak-menembak dengan kamera orang pertama. Game yang diluncurkan oleh Hero Game ini dirilis pada tahun 2015 untuk kawasan asia tenggara saja. Game ini memiliki keistimewaan grafik, dan fitur yang sedikit berbeda dengan game FPS untuk mobile. Walau memiliki kawasan yang cukup kecil yaitu hanya Asia Tenggara, para pemain Crisis Action tidak bisa dianggap sebelah mata, karena jumlah para pemain ternyata sudah jutaan. Bahkan sudah beberapa kali kejuaraan e-Sport Crisis Action diadakan.

Itulah 5 game mobile yang sudah memiliki kompetisi e-Sport sendiri, bagaimana? Tertarik mencoba salah satunya?


Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

22 comments:

  1. hahaha mantap gan saya baru tahu nih. Makasih ya gan

    ReplyDelete
  2. WAH MANTAB SEKALI SEKARANG GAME MOBA MENGALAMI KEMAJUAN PESAT

    ReplyDelete
  3. patut di coba juga nih...ke lima game tersebut bagus2 kayaknya

    ReplyDelete
  4. wah menarik sekali nih kompetisinya, Game kesukaan saya juga ada Clash Royale. Nice info....

    ReplyDelete
  5. wah lama-lama pasti ada word cup nya nih... hehe cocok sekali digabungkan untuk mempersatukan pecinta games

    ReplyDelete
  6. Mantap nih bagi para gamers yg suka moba

    ReplyDelete
  7. sekarang era digital jadi banyak yang berlomba - lomba untuk kompetisi ya gan :D

    Jual Valve

    ReplyDelete
  8. Sayang ya mobile legend belom masuk :D Tapi kalo liat trennya, ke depan kompetisi e-sport bakal dipenuhi sama game-game mobile.

    ReplyDelete
  9. Gue lebih suka Crisis Action, seru fps terbaik!

    ReplyDelete
  10. Menarik nih, w lebih suka game Crisis Action, seru banget! ^_^

    ReplyDelete
  11. keren ya gan. game hp punya kompetisi e-sport

    ReplyDelete
  12. Wih..jadi Pengen Nih Kompetisi Kayak gini..tapi sayang..Indo gak punya kayak ginian :'v

    ReplyDelete
    Replies
    1. DI indo dah banyak bro, yang clash royale, vainglory, crisis action paling sering

      Delete
  13. wahh.. jadi pengen nih lanjutin Game Clash Royal lg

    ReplyDelete
  14. gile clash royale punya kompetisi mantap lah

    ReplyDelete
  15. mobile legend ada juga ga gan?

    ReplyDelete
  16. hello!! Very interesting discussion glad that I came across such informative post. Keep up the good work friend. Glad to be part of your net community. Paragontraders Twitter

    ReplyDelete
  17. it was a wonderful chance to visit this kind of site and I am happy to know. thank you so much for giving us a chance to have this opportunity.. Paragontraders

    ReplyDelete
  18. The website is looking bit flashy and it catches the visitors eyes. Design is pretty simple and a good user friendly interface. https://www.cnclothesmanufacturers.com

    ReplyDelete